Pengertian Metode
Pengajaran
Metode mengajar merupakan salah satu komponen yang harus digunakan dalam kegiatan pembelajaran agar tercipta iklim belajar yang kondusif dan merangsang peserta didik untuk berinteraksi dan berkreasi sehingga tujuan pembelajaran mudah tercapai. Oleh karena itu, dalam memilih dan menerapkan metode mengajar harus disesuaikan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai, karakteristik kelas, kemampuan guru dan waktu yang tersedia. Hal ini sesuai dengan pendapat Sri Anitah (2008:55) yang mengemukakan fungsi-fungsi metode mengajar sebagai berikut :
- Sebagai alat atau cara untuk mencapai tujuan pembelajaran atau membentuk kompetensi siswa. Setiap pembelajaran memiliki tujuan sehingga dalam proses pembelajarannya harus ada suatu cara maupun teknik yang memungkinkan dapat mencapai tujuan tersebut secara efektif.
- Sebagai gambaran aktivitas yang harus ditempuh oleh siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran. Tahapan-tahapan kegiatan belajar mengajar pada dasarnya adalah prosedur dari masing-masing metode yang digunakan dalam pembelajaran tersebut.
- Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan alat penilaian pembelajaran. Karakteristik metode mengajar dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk penilaian, misalnya kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah, tanya jawab akan berbeda penilaiannya dengan metode demonstrasi atau latihan/praktik.
- Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan bimbingan dalam kegiatan pembelajaran, apakah dalam kegiatan pembelajaran tersebut perlu diberikan bimbingan individu atau kelompok.
Mencermati hakekat
metode mengajar di atas, menunjukkan betapa pentingnya metode mengajar dalam
usaha mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus cermat dan
fleksibel dalam menentukan metode yang akan digunakan dalam pembelajaran.
Faktor-faktor yang Perlu
Diperhatikan dalam Pemilihan Metode Mengajar
Penentuan metode
mengajar dalam pembelajaran harus mempertimbangkan beberapa faktor yang
mempengaruhi pembelajaran. Faktor-faktor tersebut antara lain :
a. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran dan atau Kompetensi Dasar merupakan pernyataan yang diharapkan dapat diketahui, disikapi dan atau dilakukan siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Rumusan tersebut sebagai dasar acuan dalam melakukan pembelajaran. Oleh karena itu, pemilihan metode mengajar harus berdasarkan pada tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa.
b. Karakteristik Materi Pelajaran
Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan metode mengajar adalah karakteristik materi pelajaran. Ada beberapa aspek (secara umum) yang terdapat pada materi pelajaran, yaitu:
Tujuan pembelajaran dan atau Kompetensi Dasar merupakan pernyataan yang diharapkan dapat diketahui, disikapi dan atau dilakukan siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Rumusan tersebut sebagai dasar acuan dalam melakukan pembelajaran. Oleh karena itu, pemilihan metode mengajar harus berdasarkan pada tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa.
b. Karakteristik Materi Pelajaran
Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan metode mengajar adalah karakteristik materi pelajaran. Ada beberapa aspek (secara umum) yang terdapat pada materi pelajaran, yaitu:
·
Aspek konsep, merupakan substansi isi pelajaran yang berhubungan
dengan pengertian, atribut, karakteristik, label atau ide dan gagasan sesuatu.
·
Aspek fakta, merupakan substansi isi pelajaran yang berhubungan
dengan peristiwa-peristiwa yang lalu, data-data yang memiliki esensi objek dan
waktu, seperti nama dan tahun yang berhubungan dengan peristiwa atau sejarah.
·
Aspek prinsip, merupakan substansi isi pelajaran yang berhubungan dengan
aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur yang harus ditempuh.
·
Aspek nilai, merupakan substansi isi pelajaran yang berhubungan
dengan aspek perilaku yang baik dan buruk, yang benar dan salah, yang
bermanfaat dan tidak bermanfaat bagi orang banyak.
·
Aspek ketrampilan intelektual, merupakan substansi isi pelajaran
yang berhubungan dengan pembentukan kemampuan menyelesaikan permasalahan,
berpikir sistematis, berpikir logis, berpikir taktis, berpikir kritis, berpikir
inovatif dan berpikir ilmiah.
·
Aspek ketrampilan psikomotor merupakan substansi isi pelajaran
yang berhubungan dengan pembentukan kemampuan fisik.
c. Waktu yang Tersedia
Pemilihan metode
mengajar juga harus memperhatikan alokasi waktu yang tersedia dalam jam
pelajaran, sebab ada metode mengajar yang memerlukan waktu yang relative
panjang dalam pelaksanaannya.
d. Faktor Peserta Didik
Faktor siswa merupakan
salah satu factor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan metode mengajar.
Aspek yang berkaitan dengan faktor siswa terutama pada aspek kesegaran mental
(faktor antusias dan kelelahan), jumlah siswa dan kemampuan siswa.
e. Fasilitas dan Sumber
Belajar
Supaya memperoleh hasil
belajar yang optimal maka setiap pembelajaran harus dirancang secara
sistematis. Prinsip-prinsip belajar yang dijadikan landasan dalam pembelajaran
diantaranya adalah ketersediaan fasilitas, media dan sumber belajar. Termasuk
di sini adalah media pesan lisan (bahasa) harus dapat dipahami siswa sehingga
tidak menimbulkan verbalisme.
No comments:
Post a Comment